Jumat, 16 Desember 2011

Prioritaskan Kebutuhan Utamamu

Manusiawi jika seorang manusia butuh uang, ketika mereka mempunyi banyak uang, mereka langsung bersikap konsumtif. Perilaku konsumtif adalah perilaku manusia yang melakukan kegiatan konsumsi yang berlebihan. Perilaku konsumtif akan menimbulkan dampak nnegatif, diantaranya : seseorang akan boros dan akan menimbulkan kecemburuan sosial, karena akan membeli semua barang yang diinginkan tanpa memikirkan harga barang tersebut sehingga bagi orang yang tidak mampu membeli barang tersebut akan merasa cemburu. Menguragi kesempatan untuk menabung, dan cenderung tidak memikirkan kebutuhan yang akan datang. Jadi banyak sekali kerugian yang akan kita dapat kalau kita berperilaku konsumtif. Oleh karena itu marilah kita bersikap hemat dengan memprioritaskan kebutuhan utama yang benar-benar kita butuhkan bukan kita inginkan.

Nah dalam tulisan saya kali ini, saya akan memberikan tips-tips hidup hemat, yaitu diantaranya :

1. Berapa penerimaan yang kita dapat setiap bulannya. Jika penerimaannya besar jangan langsung kita habiskan begitu saja. Kondisikan dengan kondisi kita saat itu.

2. Buat list kebutuhan apa saja yang kita butuhkan saat itu, ingat yang benar-benar kita butuhkan bukan inginkan.

3. Pisahkan uang yang akan kita gunakan untuk membeli kebutuhan yang sudah kita list.

4. Jika ada sisa uang, simpanlah atau tabung untuk kebutuhan selanjutnya.

5. Jika kita ‘’lapar mata’’ atau tergoda dengan suatu barang yang kita lihat, usahakan tahan hasrat ingin membelinya. Lebih baik kita menyimpan uang kita untuk kebutuhan yang tidak terduga daripada membelanjakannya.

Itulah cara saya hidup hemat, semoga tips diatas berguna bagi kalian yang membaca .


Referensi : http://www.e-dukasi.net/index.php?mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Materi%20Pokok/view&id=216&uniq=2399

Tidak ada komentar:

Posting Komentar