Rabu, 09 November 2011

LAPORAN DAN USUL

A. LAPORAN

1. Pengertian Laporan

Dalam membuat laporan, penulis laporan harus menyadari dan berusaha agar apa yang disampaikan itu merupakan hal-hal yang penting, bukan mengenai pengalaman-pengalaman pribadi atau hal-hal yang kurang penting bila dibandingkan dengan masalah yang dihadapi.

Sebenarnya laporan itu sendiri merupakan suatu jenis dokumen yang sangat bervariasi bentuknya, dan sebab itu sukar diberi suatu batasan pengertian yang jelas. Laporan bisa berbentuk isian formulir-formulir yang standar, ada yang berbentuk surat, ada pula yang berbentuk buku. Dengan bantuan laporan pimpinan atas dapat mengetahui secara terus-menerus apa yang terjadi setiap hari pada unut-unit yang paling bawah. Dari uraian diatas, kita dapat mengatakan bahwa laporan adalah suatu cara komunikasi diana penulis menyapaikan informasi kepada seseorang atau suatu badan karena tanggung jawab yang dibebankan kepadanya.

2. Dasar- dasar Laporan

Sebuah laporan bertolak dari beberapa dasar, yaitu orang yang memberi laporan, pihak yang menerima laporan , dan sifat dan tujuan.

a. Pemberi laporan

Laporan dibuat oleh perorangan atau badan kepada seseorang atau instansi yang dianggao perlu mengetahuinya walaupun tidak diminta.

b. Penerima laporan

Yang menerima laporan itu adalah orang atau badan yang menugaskan, atau orang atau badan yang dianggap perlu mendapatkan laporan itu.

c. Tujuan laporan

Tujuan laporan pada umumnya berkisar pada hal-hal berikut : untuk mengatasi suatu masalah, untuk mengambil suatu keputusan yang lebih efektik, mengetahui kemajuan dan perkembangan suatu masalah, untuk mengadakan pengawasan dan perbaikan, untuk menemukan teknik-teknik baru dan sebagainya.

3. Sifat Laporan

Sebuah laporan harus mengandung sifat-sifat berikut :

a. Laporan itu harus mengandung imaginasi

b. Laporan yang dibuat harus sempurna dan komplit

c. Laporan harus disajikan secara menarik

4. Macam-macam laporan

Terdiri dari laporan umum untuk kepentingan usaha dan laporan yang dibuat untuk kepentingan pendidikan. Laporan-laporan umum dapat dibagi-bagi sesuai dengan ventuk dan maksudnya.

a. Laporan berbentuk formulir isian

b. Laporan berbentuk surat

c. Laporan berbentuk memorandum

d. Laporan perkembangan dan laporan keadaan

Laporan perkembangan adalah suatu macam laporan yang bertujuan untuk menyampaikan perkembangan, perubahan, atau tahap mana yang sudah dicapai dalam usaha untuk mencapai tujuan atau sasaran yang telah ditentukan. Sedangkan Laporan keadaan mengandung konotasi bahwa tujuan dari laporan itu adalah menggambarkan kondisi yang ada saat laporan itu dibuat.

e. Laporan Berkala

f. Laporan Laboratoris

Adapun kerangka laporan laboratoris :

1. Halaman judul

2. Objek, atau tujuan

3. Teori : menyangkut teori mana yang diterapkan

4. Metode : yang dimaksud dengan metode disini adalah prosedur-prosedur yang ditempuh

5. Hasil-hasil yang dicapai dalam percobaan ini dengan menggunakan metode diatas

6. Diskusi atas hasil yang telah dicapai dalam percobaan

7. Kesimpulan

8. Apendiks

9. Data asli

g. Laporan formal dan semi formal

5. Struktur Laporan Formal

Unsur-unsur struktur laporan formal dapat disusun menurut kedua variasi berikut :

A

Halamn judul

Surat penyerahan

Daftar isi

Ikhtisar atau abstrak

Pendahuluan

Isi laporan

Kesimpulan

Saran ( rekomendasi )

Apendiks

Bibliografi

B

Halaman judul

Surat penyerahan

Daftar isi

Ikhtisar atau abstrak

Kesimpulan

Saran ( rekomendasi )

Pendahuluan

Isi laporan

Apendiks

bibliografi

bentuk B dibuat dengan pertimbangan bahwa yang paling penting bagi penerima laporan adalah kesimpulan dan saran.

a. Halaman judul

Halaman judul biasanya pertama-tama memuat pokok atau laporan, kedua, orang atau badan yang akan menerima laporan, ketiga, orang atau badan yang membuat laporan, dan keempat, penanggalan laporan.

b. Surat penyerahan

Surat penyerahan berfungsi sebagai kata pengantar pada sebuah buku.

c. Daftar Isi

Daftar isi memuat rekapitulasi dari semua judul yang ada dalam laporan itu.

d. Ikhtisar dan Abstrak

Abstrak ( abstract ) adalah suatu bagian uraian yang sangat singkat, bertujuan untuk menerangkan kepada pembaca-pembaca aspek-aspek mana yang tercakup dalam sebuah uraian tanpa berusaha mengatakan apa yang dibicarakan mengenai aspek-aspek itu. Ada dua macam abstrak, yaitu abstrak deskriptif dan abstrak informatif.

Sedangkan ikhtisar ( summary ) merupakan suatu bagian dari tulisan yang menyampaikan suatu informasi yang penting dari sebuah laporan dalam bentuk yang sangat singkat.

e. Pendahuluan

Pendahuluan sebuah laporan atau unsur yang dianggap sebagai latar belakang dari masalah yang akan dilaporkan dapat dikemukakan beberapa hal berikut : tujuan laporan, mengapa sebuah laporan itu ditulis, siapa yang menyuruh atau memerintahkam untuk membuat laporan itu, siapa saja yang ditugaskan untuk menyelidiki masalah tersebut dan melaporkannya, perseorangan atau satuan tugas, siapa yang memimpin satuan tugas, wilayah-wilayah mana saja yang tercakup, kapan tugas itu mulai dilaksanakan dan kapan berakhir, dan dimana serta bagaimana penulis laporan mendapatkan informasi mengenai masalah tersebut.

f. Isi laporan

Isi laporan menyangkut inti persoalan, dan segala sesuatu yang bertalian langsung dengan persoalan tersebut. Sebab itu isi laporan dapat meliputi : hasil pengamatan mengenai fakta-fakta yang dilaporkan, pencocokan fakta dengan data yang telah ada sebelum satuan tugas melaksanakan kewajibannya, semua masalah yang diperkirakan akan membantu atau menghambat pemecahan masalahnnya, pembahasan dan hasil pembahasan mengenai pokok persoalan yang akan dilaporkan.

g. Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan diturunkan dari fakta-fakta, dan lebih banyak mempersoalkan hubungan-hubungan logis, sebaliknya saran-saran merupakan langkah atau alternatif-alternatif mana yang dapat diambil supaya masalah itu dapat diatasi sebaik-baiknya.

h. Bagian pelengkap

6. Bahasa Sebuah Laporan

Bahasa yang dipergunakan dalam sebuah laporan formal haruslah bahasa yang baik,jelas dan teratur.

7. Laporan Buku

Laporan buku bertujuan untuk mendorong mahasiswa membaca buku-buku yang diwajibkan atau yang dianjurkan, serta meningkatkan kemampuan mereka memahami isi buku-buku tersebut. Laporan buku terdiri dari bagian-bagian berikut ; judul, pendahuluan ( mencakup surat penyerahan dan pendahuluan ), isi laporan, kesimpulan dan saran.

8. Penutup

B. USUL

1. Pengertian Usul

Yang dimaksud dengan usul atau proposal adalah suatu saran atau permintaan kepada seseorang atau suatu badan untuk mengerjakan atau melakukan suatu pekerjaan.

2. Sifat dan Jenis Usul

Usul dibuat berdasarkan sesuatu yang belum ada. Usul dapat dibedakan berdasarkan bentuknya, yaitu : usul formal adalah usul yang memenuhi persyaratan bentuk tertentu. Sedangkan usul semi formal dan non-formal merupakan variasi dari bentuk formal, karena tidak memenuhi syarat tertentu.

3. Usul Non Formal

Usul non formal disampaikan dalam bentuk memorandum atau surat, adapun usul non formal harus mengandung hal-hal berikut :

a. Masalah

b. Saran pemecahan

c. Permohonan

4. Usul Formal

Ada tiga bagian utama dalam usul formal, yaitu Bagian Pelengkap Pendahuluan, Isi Usul, dan Bagian pelengkap Penutup. Dari tiga bagian utama usul formal tersebut terdapat sub sub bagiannya masing-masing, yaitu

1. Bagian Pelengkap Pendahuluan

a) Surat pengantar atau memorandum

b) Sampul dan halaman judul

c) Ikhtisar atau abstrak

d) Daftar isi

e) Penegasan permohonan

2. Isi usul

a) Pembatasan masalah

b) Latar belakang

c) Luas lingkup

d) Metodologi

e) Fasilitas

f) Personalia

g) Keuntungan dan kerugian

h) Lama waktu

i) Biaya

j) Laporan

3. Bagian pelengkap penutup

sumber : Gorys.1994.Komposisi.NTT:Penerbit Nusa Indaah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar