Rabu, 03 April 2013

Waspadai Bahaya Main Gadget Sebelum Tidur


REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah ide baik jika kamu menggunakan smartphone pada siang hari untuk melakukan berbagai banyak hal seperti browsing di internet, mendapatkan petunjuk arah saat mengemudi, mendengarkan musik, atau bersosialisasi dengan teman-teman kamu.  
Tapi sebuah penelitian mengungkap fakta bahwa menggunakan smartphone saat larut malam sebelum tidur bila tidak benar-benar diperlukan adalah ide yang sangat buruk. Dan smartphone tidak hanya akan merampas waktu tidur, tapi itu akan mempengaruhi kesehatan.
Sekitar 63 persen partisipan mengaku jam tidur mereka tak terpenuhi karena keasyikan bermain gadget sebelum tidur. Ini karena gadget tidak hanya membuat kita terus terjaga, tetapi juga membuat kita sulit terlelap ketika keinginan tidur sudah datang.
Sedangkan sekitar dua jam terpaan cahaya dari gadget itu akan menekan melatonin sekitar 22 persen. Melatonin adalah hormon dalam tubuh yang bertugas membuat kantuk.  
Meskipun telah menjadi kebiasaan buruk, diperkirakan bahwa 95 persen orang menggunakan berbagai jenis gadget sebelum tidur, baik untuk SMS, surfing web, atau menonton TV. Mungkin tidak semua dari mereka menyadari bahwa melakukan hal itu bisa membuatnya insomnia atau kesulitan untuk tidur. Terlebih jika kesulitan tidur bikin kamu jadi melamun dan memikirkan banyak hal yang serius seperti ujian di kampus atau pekerjaan.

Semoga bermanfaat infonya untuk kalian yang insomnia, mungkin ini salah satu faktor nya .

 
Referensi
http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/12/11/20/mds39k-waspadai-bahaya-main-gadget-sebelum-tidur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar