Sabtu, 22 Mei 2010

facebook

FACEBOOK
Oleh : Risnayu

Facebook ......
Terdengar sangat familliar disemua kalangan,tidak hanya para remaja,tetapi juga para orang tua di belahan dunia. Tetapi,sebelumnya apa sih FACEBOOK itu ??
Facebook adalah salah satu dari situs jejaring sosial yang bergelut di dunia maya. Penciptanya adalah seorang mahasiswa dari Harvard University, Mark Zuckerberg. Nama Facebook sendiri diinspirasi oleh Zuckerberg dari sebuah istilah dikalangan kampus seantero AS untuk saling mengenal antar sesama civitas akademiknya. Facebook pertama kali diluncurkan pada tanggal 4 Februari 2006.

Facebook dengan segala fasilitas didalamnya,membuat para pengguna internet semakin betah berlama-lama didepan komputer. Facebook yang digunakan untuk berinteraksi sosial dengan siapa saja,makin membuat pengunanya khususnya para remaja semakin kecanduan,dengan tiada hari tanpa facebook.Pasti ketika para remaja membuka internet, situs yang pertama disinggahinya yaitu FACEBOOK,hanya untuk sekedar “ up date status “ agar terlihat up to date,atau bercengkrama dengan teman-teman yang ada di list friend’s facebooknya dengan fasilitas “ chat “. Sekarang ini,facebook tidak hanya dapat dijelajahi dengan menggunakan komputer atau laptop,tetapi dengan handphone yang mempunyai fasilitas internet,kita sudah bisa menikmati fasilitas yang ada dengan mudah. Banyak sekali fasilitas yang tersedia didalam facebook yang membuat banyak manfaat bagi penggunanya,misalnya dengan facebook orang yang sedang suntuk atau dilanda kebosanan,dengan log in facebook,mungkin suntuk atau kebosanan dapat terobati.

Begitu boomingnya facebook didunia hingga situs ini menjadi situs terngetop di dunia setelah situs google,yahoo,......

Facebook boleh saja mempunyai banyak manfaat yang positif bagi pengunanya,tetapi jangan lupa facebook juga menimbulkan dampak negatif bagi para penggunanya. Yaitu seperti,saat-saat sekarang ini,ketika kita menonton berita di televisi banyak sekali pemberitaan negatif tentang penggunaan facebook. Dengan banyak sekali kasus-kasus penyalahgunaan facebook itu sendiri. Seperti, seorang remaja di Tangerang yang menculik gadis dibawah umur,yang sebelumya mereka berkenalan di facebook. Tidak hanya itu,di Medan 4 orang siswa Sekolah Menengah Atas, diberhentikan dari sekolahnya,karena mereka mengeluarkan kata-kata tidak pantas kepada guru yang dibencinya melalui facebook,dengan meng up date status facebook mereka. Facebook juga dipergunakan untuk melakukan transaksi jual beli anak remaja perempuan kepada lelaki hidung belang. Masih banyak kasus-kasus kejahatan yang dilakukan melalui perantara facebook oleh para pengguna yang tidak bertanggung jawab.

Karena banyak timbulnya kasus-kasus kejahatan,seperti penculikan melalui facebook,alhasil para orang tua maupun masyarakat resah akan hal itu. Fasilitas yang tadinya akan membawa kesenangan,tetapi malah menjadi kesengsaraan bagi para pengguna yang menjadi korban.
Walaupun begitu,tidak banyak orang yang beralih dari facebook. Facebook tetap akan menjadi situs jejaring sosial yang menyenangkan bagi pengguna yang paham akan pengunaannya. Karena dengan facebook mereka dapat berinteraksi dengan orang-orang di seluruh penjuru dunia. Sebenarnya, facebook bermanfaat atau tidaknya untuk kita yaitu dilihat dari pribadi masing-masing pengguna yang dapat memilah milah mana yang baik dilakukan atau tidak untuk diri kita sendiri atau orang lain.


So,buat facebookers.......
Gunakanlah FACEBOOK sesuai kegunaanya,jangan sampai kita menjadi salah satu facebookers yang tidak bertanggung jawab dan menggunakan semua fasilitasnya dengan penyimpangan-penyimpangan yang negatif.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar