Kalian pasti tahu iklan bukan ?
Ketika kita sedang asyik menyaksikan acara di televisi, tiba-tiba acara tersebut di cut oleh iklan, kesal bukan ?
Dalam artikel ini akan dibahas tentang baik dan buruknya iklan di televisi. Sebelumnya kita harus mengetahui iklan itu apa. Iklan adalah suatu media promosi yang biasa dilakukan oleh produsen-produsen suatu produk atau jasa untuk mempromosikan produk atau jasa mereka kepada konsumen melalui tayangan di televisi dalam bentuk audio visual. Pertama kita bahas dampak buruk dari iklan di televisi dahulu. Banyak sekali iklan-iklan yang muncul di televisi, para produsen suatu produk berlomba-lomba dalam menayangkan produk mereka dalam bentuk iklan untuk ajang promosi agar produk mereka dikenal masyarakat luas atau oleh para penonton televisi. Perusahan berlomba-lomba membuat iklan produk mereka dengan tampilan yang menarik, dari sesuatu yang masuk akal sampai yang tidak masuk akal bahkan ada iklan yang mengandung kekerasan, pornografi, dan sebagainya. Hal seperti itu yang berdampak buruk bagi penonton televisi khususnya anak-anak kecil, karena sebagian besar penonton televisi adalah anak kecil, mereka sanagat senang ketika di hadapkan dengan televisi, mereka bisa menyaksikan film-film kartun favorit mereka di televisi. Tetapi apa jadinya, ketika iklan-iklan yang muncul dan mereka saksikan ditelevisi mengadung kekerasan atau pornografi. Tentu saja hal tersebut tidak baik bagi mereka, mereka bisa saja meniru adegan kekerasan yang terdapat di iklan. Karena pada dasarnya anak kecil suka meniru sesuatu yang mereka liat atau saksikan, mungkin karena hal itu merupakan sesuatu yang baru bagi mereka. Selain itu iklan-iklan yang mengandung pornografi juga tidak baik jika disaksikan oleh anak-anak,karena imajinasi anak-anak masih sangat tinggi, mereka bisa membayangkan sesuatu yang mereka saksikan dan tidak jarang anak-anak menirunya atau bertindak sesuai apa yang mereka saksikan tersebut.
Tidak hanya dampak buruk yang ditimbulkan, tetapi juga ada dampak baik yang ditimbulkan dari sebuah iklan ditelevisi bagi penontonnya. Yaitu penonton dapat lebih up to date mengenai produk-produk terbaru yang muncul dipasaran. Khusus bagi para ibu rumah tangga sebagai konsumen terbesar pada produk sabun untuk mencuci piring dan pakaian, dll. Mereka sangat butuh informasi tentang produk tersebut melalui iklan, dan hal tersebut sangat membantu mereka. Selain manfaat yang sudah disebutkan, ada banyak lagi manfaat yang akan didapatkan oleh mereka dengan adanya iklan di televisi.
Bisa dikatakan bahwa iklan merupakan cara yang paling efektif sebagai media promosi suatu produk atau jasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar